3 Fakta Menarik Duel Final Liga Champions

Jakarta – Dua klub Inggris, Liverpool dan Tottenham Hotspur siap saling sikut di laga final Liga Champions. Untuk keduanya, duel ini merupakan pertemuan perdana di ajang sangat elite antarklub Eropa tersebut.

The Reds sukses lolos ke partai final Liga Champions setelah menyingkirkan Barcelona dengan agregat 4-3. Pada pertemuan kesatu di Camp Nou, Liverpool kalah 0-3. Sementara itu, pada leg kedua di Stadion Anfield, mereka dapat membalikkan suasana dan menang 4-0.

Di sisi lain, Tottenham Hotspur dapat melewati hadangan Ajax Amsterdam berkat kelebihan agresivitas gol tandang, dengan agregat 3-3. Dalam laga leg kesatu di Tottenham Hotspur Stadium, The Lilywhites takluk 0-1. Sementara itu, pada pertemuan kedua di Johan Cruyff ArenA, Spurs menang 3-2.

Pertandingan ini terasa spesial untuk kedua klub. Liverpool serta Tottenham Hotspur guna kesatu kalinya bersua di Liga Champions, dan langsung bertemu di final.

Sebelumnya, The Reds dan The Lilywhites pernah saling berhadapan pada semifinal Piala UEFA 1972-1973. Pada ketika itu, skuat Si Merah yang berhasil lolos ke final berkat kelebihan agresivitas gol tandang dalam agregat 2-2.

Lantas, siapakah yang bakal memenangkan pertandingan final Liga Champions musim ini? Layak guna dinantikan.

Berikut ini ialah beberapa data dan kenyataan menjelang final Liga Champions 2018-2019, seperti dikutip dari UEFA:

Stadion dan Jadwal Final

Pertandingan final akan dilangsungkan di Estadio Wanda Metropolitano. Stadion yang adalahmarkas Atletico Madrid itu mulai dimulai pada September 2017.

Stadion ini dapat menampung penonton sampai 67.829. Rekor pemirsa terbanyak yang muncul di Estadio Wanda Metropolitano ialah laga Atletico Madrid kontra Real Madrid di La Liga, pada 9 Februari 2019. Saat itu, penonton menjangkau angka 67.804.

Rencananya, pertandingan final Liga Champions antara Tottenham Hotspur melawan Liverpool dilangsungkan pada 1 Juni 2019, mulai pukul 21.00 masa-masa setempat, atau 2 Juni 2019 pukul 02.00 WIB.

Wasit yang Memimpin Laga Final

Partai final Liga Champions musim ini bakal dipimpin wasit asal Slovenia, Damir Skomina. Bagi suporter The Reds, ini bukan kabar bagus.

Liverpool dan Damir Skomina seakan tak berjodoh. Penyebabnya, beberapa besar pertandingan yang dijalani Liverpool dan dipimpin wasit 42 tahun itu, berujung kekalahan.

Rekam jejak memperlihatkan, dari lima laga Liverpool yang dipimpin Damir Skomina, empat di antaranya selesai dengan kekalahan. Satu-satunya kemenangan ialah saat mengungguli Napoli 1-0 pada laga Grup C Liga Champions musim ini, 11 Desember 2018.

Band Amerika Serikat Hibur Penonton di Stadion

Sebelum laga final Liga Champions musim ini, grup musik asal Las Vegas, Amerika Serikat, Imagine Dragons bakal menghibur suporter Tottenham Hotspur dan Liverpool yang muncul di stadion.

“Kami terhormat dapat tampil di final Liga Champions dan merayakan momen bareng penggemar olahraga paling hendak sekali di planet ini. Nanti bakal jadi pertunjukan spektakuler di Madrid,” kata Dan Reynolds, pentolan band peraih Grammy Awards dengan tembang Believer, Radioactive, dan Thunder tersebut.

Sebelumnya, UEFA memperlihatkan Alicia Keys (2016), The Black Eyed Peas (2017), dan Dua Lipa (2018) sebelum pertandingan final Liga Champions.

Tinggalkan Balasan